Mengapa kita harus memilih Teknik Kimia ITN Malang

Teknik Kimiaadalah ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna, dapat berupa barang jadi ataupun barang setengah jadi. Ilmu teknik kimia diaplikasikan terutama dalam perancangan dan pemeliharaan proses-proses kimia, baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar seperti pabrik. Insinyur teknik kimia yang pekerjaannya bertanggung jawab terhadap perancangan dan perawatan proses kimia pada skala pabrik dikenal dengan sebutan “insinyur proses” (process engineer). Selain itu, insinyur teknik kimia juga terkait dengan penelitian dan pengembangan proses kimia. Ini melibatkan lebih dari sekedar pencampuran proporsi yang tepat dari senyawa yang berbeda. Rekayasa reaksi kimia adalah jantung dari hampir setiap proses kimia yang pada prosesnya melibatkan berbagai keterampilan teknis, analitik, dan pengambilan keputusan untuk memastikan keamanan dan efisiensi. Sehingga insinyur teknik kimia mungkin secara teratur diminta untuk menerapkan pengetahuan dan keahlian khusus mereka di bidang-bidang seperti:

Termodinamika untuk mengetahui dengan tepat berapa banyak energi yang dibutuhkan untuk terjadinya suatu reaksi.

Dinamika fluida untuk menentukan seberapa besar pipa seharusnya dan terbuat dari apa.

Kinetika reaksi untuk menentukan ukuran optimal tangki reaktor.

Pengendalian proses untuk menginstal kontrol keselamatan yang memadai untuk mencegah kerusakan dahsyat.

PROSPEK KERJA

  1. Industri. Merupakan bagian yang paling banyak dimasuki lulusan Teknik Kimia. Industri dalam hal ini bisa berupa Industri energi, pupuk, petrokimia, semen, bahan makanan, minyak atsiri, kosmetika dan farmasi, tekstil, polimer, dan sebagainya.
  2. Akademisi. Perkembangan ilmu Teknik Kimia yang begitu pesat, diperlukan tenaga akademis  yang semakin banyak.
  3. Pemerintahan. Departemen yang membutuhkan lulusan Teknik Kimia diantaranya departemen pertambangan dan energi, industri, atau lingkungan hidup.
  4. Konsultan. Memberikan masukan kepada calon investor pabrik tentang kelayakan pendirian suatu pabrik, kelayakan perbaikan proses di pabrik, dan sebagainya.
  5. Peneliti. Sebagaiseorang peneliti, dapat bergabung dalam dalam lembaga penelitian seperti  Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).
  6. Enterpreneur. Ilmu Teknik Kimia dapat digunakan sebagai bekal berwirausaha mendirikan industri kecil skala rumah tangga seperti industri sabun, minyak atsiri, bahan makanan dan sebagainya.

SEJARAH TEKNIK KIMIA ITN MALANG

Program Studi Teknik Kimia berada di bawah naungan Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Malang. Program Studi Teknik Kimia berdiri sejak tahun 1981. Seiring dengan perkembangan perbaikan yang terus dilakukan, maka  pada tahun 1985 program studi Teknik Kimia ditetapkan sebagai program studi dengan status Terdaftar, kemudian pada tahun1989 mendapatkan status Diakui. Dan pada tanggal 13 Agustus 1993 statusnya meningkat menjadi Disamakan.  Perbaikan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia dan sarana prasarana terus dilakukan sehingga pada tahun 1997 berhasil mendapatkan akreditasi peringkat B. Selanjutnya pada tahun 2003 program studi ini berhasil mempertahankan peringkat akreditasi B dengan berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi nomor 012/BAN-PT/Ak-7/SI/VII/2003. Saat ini, Teknik Kimia ITN Malang masih mempertahankan peringkat akreditasi B berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 001/BAN-PT/Ak-XIV/S1/V/2011. Kemudian pada tahun 2015 sampai dengan sekarang mendapatkan peringkat B  berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi1262/SK/BAN-PT/Akred/XII/2015.

Sampai tahun 2019, Program Studi Teknik Kimia sudah membina para lulusan Sekolah Menengah Atas, Farmasi, Kimia dan sebagainya serta meluluskan 1600 sarjana dengan mutu relatif baik dan telah bekerja di berbagai instansi pemerintah maupun swasta di dalam maupun di luar negeri.

VISI

Menjadi Program Studi Teknik Kimia yang unggul dan diakui secara nasional dalam pelaksanaan tridarma perguruan tinggi yang berwawasan lingkungan 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan Teknik Kimia yang profesional dan berkualitas
  2. Menyelenggarakan dan  mengembangkan kegiatan penelitian dan/atau hasil karya ilmiah dalam bidang industri yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat
  3. Mengimplementasikan hasil rekayasa teknologi industri dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat
  4. Mengembangkan jiwa kewirausahaan dan kemandirian dalam bidang ilmu rekayasa teknologi industri sesuai dengan kebutuhan pasar kerja
  5. Mengembangkan serta menjaga nilai etika akademis dan citra Teknik Kimia

CAPAIAN PEMBELAJARAN

  1. Mahasiswa mampu mengaplikasikan pengetahuan matematika, sains dan teknik (engineering)
  2. Mahasiswa mampu merancang dan menjalankan riset serta menganalisis dan menginterpretasikan data.
  3. Mahasiswa mampu merancang suatu sistem, komponen, atau proses untuk memenuhi suatu kebutuhan.
  4. Mahasiswa mampu berperan serta pada suatu tim yang bersifat multi-disiplin.
  5. Mahasiswa mampu mengidentifikasi, memformulasi, dan menyelesaikan masalah-masalah teknik kimia.
  6. Mahasiswa memiliki tanggung jawab professional, etika dan moral.
  7. Mahasiswa mampu berkomunikasi secara efektif
  8. Mahasiswa memahami pengaruh tindakan teknis yang diambilnya terhadap masyarakat dan dunia global
  9. Mahasiswa memiliki kesadaran akan pentingnya belajar seumur hidup dan mampu menjalankannya.
  10. Mahasiswa mampu menggali isu-isu terbaru di bidang teknik kimia.
  11. Mahasiswa mampu memanfaatkan teknik-teknik, keahlian-keahlian, dan peralatan teknik modern yang diperlukan untuk pelaksanaan tugas-tugas profesionalnya

FASILITAS

  1. Kelas Multimedia, yang mendukung metode pengajaran berbasis multimedia.
  2. Laboratorium, meliputi laboratorium Bahasa Inggris, Fisika, Kimia Dasar, Operasi Teknik Kimia, Mikrobiologi, Komputasi Teknik Kimia, Bioenergi (Bioetanol dan Biodiesel), Minyak Atsiri dan Teknologi Bahan Makanan.
  3. Perpustakaan, memiliki koleksi buku teks mencapai 1000 judul, jurnal nasional dan internasional, prosiding. Beberapa dapat diakses dalam bentuk buku elektronik dan secara online seperti e-journal Proquest, Cengage dan EBSCO.
  • Hotspot area yang dapat diakses 24 jam.
  • Kantin
  • Tempat parkir yang nyaman untuk mobil dan motor

PRESTASI

  1. Hibah Dikti Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian, 2012 dan 2013
  2. Hibah Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan dari Pemerintah Propinsi Jawa Timur, 2011 dan 2013
  3. Hibah Cooperative Academic Education Program (CO-OP), 2010 dan 2013
  4. Hibah Dikti Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat, 2009.
  5. Peserta Terpilih dalam Pelatihan Intensive Student Technopreneurship Program (i-STEP) 2013 dari Recognition and Mentoring Program (RAMP) IPB
  6. Juara I Kejuaraan Provinsi Kadet, Junior & Senior Taekwondo Indonesia , 2016
  7. Finalis Juara II Kompetisi Essay 2017 oleh Inovasi Nusantara
  8. Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional Tahun 2019
  9. dan masih banyak lagi…..

PROFIL ALUMNI

Teknik Kimia ITN Malang yang beroperasi sejak tahun 1981 telah meluluskan 1600 sarjana Teknik Kimia. Alumni kami sudah berkiprah di berbagai perusahaan seperti : PT. Pertamina (Persero), PT. Tjiwi Kimia Tbk., PT. Sasa Inti, PT. Nestle Indonesia, PT. Polychem Indonesia, PT. Otsuka Indonesia, PT Kaltim Prima Coal, PT Molindo Industrial, PT. Nalco Indonesia, PT. Baker Hughes Indonesia, PT.  Halliburton (Oilfield Services), PT. Kaltim Methanol Industri, PT. Tirta Investama (Aqua), Perum Jasa Tirta dan masih banyak lagi. Lihat beberapa profilnya di https://kimia.itn.ac.id/alumni/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *