Penyuluhan Program Kreatifitas Mahasiswa: Kreatif, Inovatif serta Aplikatif 2018

image_pdfdownload PDF Versionimage_printcetak

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. Program ini merupakan penerus dari Program Karya Alternatif Mahasiswa yang dibentuk pada tahun 1997, yang lalu berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2001 demi memperluas cakupan dan mengurangi batasan bagi mahasiswa dalam berkreasi. Pada awalnya, PKM memiliki lima sub program, yaitu PKM-Penelitian (PKMP), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) dan PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-I). Finalis dari masing-masing PKM akan dilombakan dalam Pekan Ilmiah Nasional.

Program Studi Teknik Kimia Institut Teknologi Nasional Malang berdiri tanggal 5 Oktober 1984 merupakan lembaga yang handal dalam menghasilkan tenaga terampil, terdidik, kreatif dan inovatif sehingga dapat bersaing di era globalisasi saat ini khususnya di Negara Indonesia, hal tersebut tidak lepas dari peran serta dan dukungan dari dosen, tenaga pendidik dan mahasiswa Teknik Kimia ITN Malang, maupun dari masyarakat luas.

Apabila dipahami lebih jauh mengenai definisi Teknik Kimia, jelaslah bahwa tujuan utama dari pendidikan Teknik Kimia adalah menghasilkan sarjana yang mampu merancang dan mengoperasikan peralatan proses industri secara handal, efisien dan produktif.

Pada tanggal 13 Oktober 2018 HMTK ITN Malang menyelenggarakan penyuluhan Program Kreativitas Mahasiswa dengan mengangkat tema “Sumber Daya Alam Sebagai Penyongsong Perindustrian Pangan Nasional” ini bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada mahasiswa Teknik Kimia ITN Malang mengenai aplikasi PKM yang inspiratif, menumbuhkan minat mahasiswa Teknik Kimia ITN Malang untuk mengikuti program PKM, serta mengantarkan mahasiswa Teknik Kimia ITN Malang mencapai taraf pencerahan kreatifitas dan inovasi berlandaaskan penguasaan sains dan teknologi serta keilmuan yang tinggi.