HMTK ITN Malang Sukses Mengadakan Seminar Nasional “Substitusi Fossil Fuel Ke Bio Fuel” 2018

image_pdfdownload PDF Versionimage_printcetak

Negara Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya dan merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa yang tak bernilai harganya serta patut kita syukuri. Kekayaan alam yang kita miliki merupakan salah satu faktor pendukung pembangunan bangsa dan sudah sepatutnya kita gunakan sumber daya alam dengan sebaik-baikya demi kepentingan bangsa dan negara. Tetapi kenyataannya adalah sumber daya alam yang kita miliki, dieksploitasi secara berlebihan tanpa memperhitungkan apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang. Walaupun jumlahnya sangat berlimpah di alam, penggunannya harus tetap dibatasi dan dijaga untuk dapat terus berkelanjutan serta terjadi ketidaksebandingan kemampuan produksi dengan konsumsinya. Sumber daya alam tak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang jumlahnya terbatas karena penggunaanya lebih cepat daripada proses pembentukannya dan apabila digunakan secara terus-menerus akan habis.Ketika, masyarakat tidak mampu untuk membatasi pola konsumtif hidupnya dan sebagai pemerintah tidak ada kebijakan untuk mengatur itu dikhawatirkan akan terjadi krisis energi. Menanggapi pembangunan Indonesia yang terus berkembang, sebagai Engineer kita harus menyiapkan diri menghadapi pembangunan berkelanjutan. Disini pembangunan berkelanjutan berarti bagaimana memperbaiki kehancuran lingkungan tanpa mengorbankan kebutuhan pembangunan ekonomi dan keadilan sosial. Untuk sebagian orang, pembangunan berkelanjutan berkaitan erat dengan pertumbuhan ekonomi dan bagaimana mencari jalan untuk memajukan ekonomi dalam jangka panjang, tanpa menghabiskan modal alam. Namun untuk sebagian orang lain, konsep “pertumbuhan ekonomi” itu sendiri bermasalah, karena sumberdaya bumi itu sendiri terbatas. Oleh karena itu Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HMTK) ITN Malang sebagai organisasi mahasiswa pra-profesi para Engineer. Sebagai sebuah organisasi yang beranggotakan calon-calon Engineer yang akan terjun langsung dalam masyarakat dan pemerintahan,HMTK ITN Malang terus meningkatkan dan membekali para anggotanya dengan isu-isu yang akan mereka hadapi kedepannya.

Dasar pemikiran diatas, terasa relevan bagi HMTK ITN Malang untuk menghadirkan konsep kegiatan ilmiah sebagai pembekalan terhadap anggota. Agar dapat dibawa dan diaplikasikan dalam suatu rangkaian kegiatan Seminar Nasional yang bertema ”Mewujudkan Kepedulian dan Jiwa Intelektual dalam Peningkatan Sumber Daya Energi dan Energi Terbarukan” Rangkaian kegiatan tersebut merupakan media pelatihan serta pengabdian untuk turut serta berperan melakukan upaya konkret dalam proses pembangunan dan pengembangan masyarakat.

Seminar Nasional yang dilaksanakan pada 15 Desember 2018 yang lalu ini diisi oleh pemateri-pemateri yang handal, di antaranya:

  1. Bapak Benny Hery Ritanto, ST (Process Chemist Supervisor Abu Dhabi National Oil Company)
  2. Bapak Mulyono, ST (Kepala Urusan Sertifikasi Produk PT. Perkebunan Nusantara IX)
  3. Bapak Tenno Sujarwanto BA. BM (Secretary of Enabler Commission Dewan Kota Cerdas Bekasi).

Seminar yang mengangkat tema kegiatan ”Mewujudkan Kepedulian dan Jiwa Intelektual dalam Peningkatan Sumber Daya Energi dan Energi Terbarukan” diharapkan mampu untuk mengembangkan rasa kepedulian sosial anggota serta dedikasi yang tinggi untuk turut serta meningkatkan taraf pengetahuan masyarakat di bidang teknologi tepat guna.